Jumat, 28 November 2008

ABSTRAKSI KOMPI

Dalam upaya mensukseskan program pembangunan Nasional khusus-nya dibidang ekonomi, politik, pendidikan, social-budaya, hukum dan hankam serta mental spiritual sebagai cita-cita Nasional dan secara konsentratif pe-merintah bersama masyarakat seiring, sejalan, dalam kancah visi dan per-sepsi yang utuh untuk mencapai tujuan pembangunan nasional yaitu masya-rakat yang adil dan makmur.

Abad 21 adalah abad dimana IPTEK menjadi andalan masyarakat. Se-mentara pengukuhan kekuatan akademik, keterampilan, proses kecendiki-awanan dan nilai kepeloporan merupakan aspek penting dan tidak bisa ter-pisahkan dalam tata kehidupan manusia. Sehingga diharapkan terwujud suatu sistem rancang bangun terhadap pembangunan dan pengembangan SDM Indonesia dalam bentuk aplikaasi yang diwarnai dengan muatan kua-litas siap pakai.

Sebagai konsekuensi kemajuan abad 21 maka, kualitas SDM Indonesia harus mampu bekerja dan menghasilkan produk dan jasa yang bermutu tinggi. Disamping itu SDM Indonesia diharapkan dapat bekerja tepat sasaran dan menciptakan metodologi kerja yang efektif, efesien, handal dan teruji.

Menjadikan system yang kreatif, inovatif serta mampu menyongsong setiap perubahan baik untuk lingkungan makro maupun mikro yang berkem-bang cepat dan memiliki kecakapan menggunakan IPTEK, dan memiliki tanggungjawab moral dan tidak hanya mengejar keuntungan semata, akan tetapi mampu mengkondisikan untuk membangun partisipasi kelompok kerja masyarakat untuk merangsang produktivitas serta peduli terhadap ling-kungannya. Dengan demikian terwujud suasana kehidupan dalam pola inte-raksi humanisme masyarakat industrial Pancasila Indonesia.

Melihat suasana peluang prosektif diatas, maka KOMUNITAS PEMUDA PEMBANGUNAN INDONESIA (KOMPPI) didirikan secara resmi sebagai mitra kerja pemerintah dan masyarakat bersama-sama membangun bangsa. KOMPPI akan merangkul para sarjana dan pelajar serta generasi muda pada umumnya yang memiliki cita-cita dan kemauan tinggi namun terkendala oleh tingkat sosialnya dan bersama KOMPPI sebagai masyarakat Indonesia untuk membangun kesamaan tanggung jawab dan tujuan terhadap kesuksesan pembangunan nasional.

KOMUNITAS PEMUDA PEMBANGUNAN INDONESIA (KOMPPI) me-miliki Otorita peran dan fungsi sebagai wahana pengabdian professional, pengamat dan penegak keadilan, secara konsepsional dan teknis akan me-nyiapkan kerangka solusi terhadap penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara untuk mengkaji segala bentuk problematika sosial kema-syarakatan dan ketatanegaraan seperti yang dicita-citakan Pancasila dan UUD 45.

Demikianlah LIPB secara rutin akan melakukan pengkajian objek pem-bangunan Nasional dan regional sebagai wujud sumbangsih dan tangggung jawab KOMUNITAS PEMUDA PEMBANGUNAN INDONESIA (KOMPPI) se-bagai putra terpelajar bangsa.

Sehingga abad 21 yang penuh dengan karya dan tuntutan professional dalam pelaksanaannya harus dipadu dalam team yang kuat dan solid yang mengakar pada budaya bangsa. Dengan Demikian segala bentuk problema-tika pembangunan nasional dapat diatasi sedemikian rupa jika aspek funda-mental pembangunan berbangsa dan bernegara telah terbenahi secara men-dasar.

Berdasarkan peran dan fungsi KOMUNITAS PEMUDA PEMBANGUNAN INDONESIA (KOMPPI) sebagai wahana pengabdian professional, pengamat dan penegak keadilan, secara konsepsional dan teknis tersebut maka KOMPPI bermaksud mengadakan kegiatan dalam rangka Liburan panjang Akhir Tahun Ajaran 2005-2006 sebagai upaya menyiapkan kerangka solusi terhadap krisis perekonomian yang melanda rakyat dan bangsa ini, dengan bentuk kegiatan sebagai berikut :

---PENDIDIKAN LUAR RUANG
Kegiatan ini berbentuk sebuah kemping kepramukaan yang bertujuan untuk pengenalan atau pendidikan luar sekolah yang diharapkan dari hal itu para remaja dan pemuda yang masih mengenyam bangku Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Umum dapat mengenal lingkungan dan segala sumber daya alamnya serta meningkatkan kepedulian social terhadap lingkungan dan sesama mereka.

Mengisi agenda liburan akhir tahun ajaran dengan agenda kegiatan yang bermanfaat serta mendidik sehingga diharapkan dari kegiatan tersebut akan membantu para remaja dan pemuda untuk lebih mengenal lingkungan dan dapat membuka cakrawala pemikiran/wawasan mereka terhadap lingkungan.

Kegiatan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan rasa kepedulian dan rasa kebersamaan antar sesama umat, yang dimata Allah mereka adalah sama dan yang membedakannya hanyalah amal ibadah. Untuk itu buka bersama ini di peruntukan bagi seluruh masyarakat Jambi terutama bagi para kaum dhuafa, fakir miskin dan anak jalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar